Tips Aman Bergaul di Dunia Maya


Gaul di dunia maya sepertinya sudah menjadi hal wajib, apalagi setelah akses internet meluas, cukup pakai handphone kita sudah bias beselancar di dunia maya dan dapat teman dari berbagai belahan dunia. Intens bergaul di dunia maya sah-sah saja. Asal kita tau etikannya.

  1. Pasang Info di Profil seperlunya saja. Teman kita di dunia maya mungkin boleh tahu apa hobi kita, dimana kita sekolah atau kuliah tapi mereka tidak perlu tahu nomor telepon dan alamat rumah kita. Data-data itu bias saja dimanfaatkan oelh orang yang tidak bertanggungjawab.
  2. Jangan memasang photo dengan pose yang aneh-aneh, contohnya photo dengan pose terlalu terbuka atau menantang. Dari foto orang bias menilai kita, dengan foto yang terlalu menantang bisa jadi orang menganggap kita cewek gampangan. Kemungkinan buruk lain foto kita bisa disalahgunakan atau disebar luaskan. Ingat, saat kita mgnupload foto di jejaring sosial, berarti kita menyebarluaskan tanpa batas karena tiap orang bisa mengcopy foto kita. Jangan sembarangan juga menerima tag foto,  kalo ada yang aneh-aneh mendingan kita untag atau kalo ada temen kita men-tag foto kita yang bisa merugikan, minta dia untuk remove segera.
  3. Jangan sembangan add friend atau confirm friend request. Kalo kita sama sekali gak tahu siapa orang yang meng-add, cek mutual friends-nya. Semakin sedikit berarti semakin jauh koneksi  kita. Kalau perlu tanya sama teman-teman kita yang sudah lebih dulu berteman, siapa dan bagaim ana orang yang meng-add itu. Baca juga info profilnya, tapi hati-hati tidak semua orang memasukan identitasnya secara jujur.
  4. Kalau ada teman di dunia maya yang pengen ngajak kopi darat, pastikan kita sudah kenal banget sama dia. Pastikan semua informasi yang dia sampaikan dan tulis semuanya benar. Kalo dia bilang sekolah di SMU A, gak ada salahnya kita tanya teman kita yang sekolah disana, sekeldar mengecek kalau dia tidak bohong. Untuk tempat ketemuan, cari tempat yang ramai dan sebaiknya kamu tidak sendirian. Ajak seorang teman atau orang yang bisa dipercaya dan bisa melindungi kamu. Jadikan acara kopi darat sebagai sarana untuk mengenal teman lebih dekat. Jangan mau aja diajak pergi ke mana-mana sama orang yang baru kenal di dunia maya.
  5. Untuk pengguna twitter, musti ingat fungsi utama twitter adalah sarana penyebar informasi dengan cepat, bukan tempat untuk chatting, curhat atau menghina orang lain. Hati-hati dalam posting di twitter kalau gak mau bernasib seperti “Marsha Twitter” yang kena kasus gara-gara posting sembarangan. Gunakan bahasa yang sopan dan selektif dalam memposting sesuatu.
  6. Setiap selesai menggunakan internet, jangan lupa log out. Apalagi kalau memakai komputer umum. Lupa log otu bisa beresiko account kita di hack dan dimanfaatkan untuk hal yang merugikan kita maupun orang lain.