Jurus Jitu Menulis Skenario


Mantap ingin menjadi penulis Skenario? Perhatikan jurus jitu yang wajib diperhatikan sebelum mengirimkan scenario buatan anda ke meja produser atau production house terkemuka tanah air. Berikut beberapa penulis skenario  muda, Dono Indarto:

  • Mencari dan meraba plot yang paling laku dipakai atau yang bisa diterima masyarakat (biasanya seputar percintaan, pernikahan, keluarga atau persahabatan dengan detail konfilk yang bermacam – macam).

Note: Banyak orang berbicara bahwa tidak ada sesuatu yang baru di muka bumi, banyak penulis merasa buntu dalam pikiran kretif dengan alasan kehabisan ide. Namun, jangan sekali-sekali Anda mengambil jalan pintas untuk menjiplak tontonan yang sudah ada! Carilah sesuatu yang inovatif namun laku dipasaran.

  • Apabila menemukan situasi atau sesuatu hal yang menarik dalam jangkauan pandangan tertentu, cobalah untuk mengubah cara melihatnya. Dengan mengubah posisi, jarak, waktu dan sudut pandang penglihatan, akan mnghasilkan berbagai macam visualisasi yang berbeda. Visualisasi yang berbeda akan menghasilkan ide yang bermacm-macam pula.
  • Setelah mengetahui konsep cerita yang diinginkan. Tentukan tema cerita yang unik, menarik dan dekat dengan telinga masyarakat (eye catchy).
  • Tohoh karakter harus kuat dan loveable (mudah dicintai penotonton).
  • Perjalanan cerita harus menawarkan twist atau kejutan tak terduga.
  • Konsep cerita harus memungkinkan dapat menjadi cerita panjang atau ratusan bahkan ribuan episode.

Tahapan Menjadi Penulis Skenario

  1. Mempunyai pemikiran out of the box dan berfikir kreatif.
  2. Belajar menulis skrip, bisa melalui buku ataupun melalui lembaga belaja penulisan skenario.
  3. Membuat skrip, mulai ide, konsep cerita, sinopsis per-episode, plot skenario hingga menjadi skenario utuh.
  4. Belajar dari penulis skenario yang sudah senior atau yang lebih dalu bergelut di dunia scriptwriting sebagai pengalaman sebelum terjun langsung ke industri sineton.
  5. Mencoba menawarkan skenario ke beberapa rumah produksi.

Selamat Mencoba.