Tips Meningkatkan Traffic melalui Sosial Bookmarking


Jika Anda mempunyai sebuah web ataupun blog mungkin tak akan ada artinya sebagus apapun desain yang Anda buat bila tak ada satupun pengunjung yang datang ke blog Anda. Katakanlah Anda telah membayar sangat mahal seorang web desainer ternama sehingga desain web Anda terlihat “sempurna” lalu Anda mengisinya dengan konten yang menarik. Namun hal itu hanya akan sia-sia saja bila Anda tak pernah melakukan promosi. Tanpa promosi Anda akan sangat sulit mendapatkan pengunjung. Ya, bagaimana orang tahu semenarik apapun hasil rancangan maupun konten web/blog Anda bila Anda tidak mempromosikanya. Kecuali, bila web/blog Anda sudah cukup lama sehingga terindex oleh search engine. Namun perlu diketahui bahwa tidak semudah itu search engine akan menemukan web/blog Anda. Mungkin akan banyak web/blog kompetitor dengan tema konten seperti blog Anda yang lebih dahulu terindeks search engine sehingga blog Anda terabaikan, atau setidaknya tidak berada di halaman depan hasil pencarian.

Hal ini akan semakin menjadi masalah bila Anda bergelut di dunia online marketing, atau bisnis online lainya. Tentu Anda berharap secepatnya produk Anda (bila Anda menjual produk melalui web/blog Anda) dikenal banyak orang sehingga mereka tertarik. Atau dalam bisnis online lainnya, di mana traffic pengunjung merupakan penentu kesuksesan meraup dollar. Itulah pentingnya traffic terhadap web/blog Anda. Dan untuk mendapatkan traffic yang bagus Anda harus melakukan promosi, selain melakukan trik SEO lainya. Sebagai indikator kualitas traffic ada sebuah situs yang memberikan kualitas traffic terhadap web/blog Anda, yaitu alexa melalui alexa traffic rank. Di tulisan lain saya pernah mengulas mengenai alexa traffic rank ini.

Kembali ke inti perosalan, salah satu cara berpromosi untuk mendapatkan traffic adalah dengan mendaftarkan web/blog Anda ke situs jejaring sosial atau social bookmarking. Saat ini memang jejaring sosial merupakan salah satu trend gaya hidup saat ini. Bahkan sampai ke pelosok terpencil pun saat ini sudah mengenal situs jejaring sosial, walaupun belum tentu mereka kenal dengan internet atau jaringan komputer. Katakanlah facebook dan twitter salah satu situs jejaring sosial yang sedang digandrungi saat ini. Kalau boleh saya katakan mereka yang di pelosok itu lebih familiar bila Anda bertanya kepada mereka “apakah Anda tahu facebook” dibandingkan dengan “apakah Anda tahu internet”. Ya hal ini karena begitu mewabahnya jejaring sosial saat ini.

Dengan demikian jejaring sosial dapat menjadi sarana berpromosi yang sangat efektif guna mendatangkan traffic ke web atau blog Anda. Di berbagai platform blog mungkin sudah banyak yang menyediakan fasilitas sharing ke situs jejaring sosial, namun sepertinya hal ini cukup melelahkan bila Anda lakukan secara manual satu persatu, Selain itu karena hal ini ditujukan bagi pembaca untuk melakukan sharing atas artikel yang Anda tulis, bukannya Anda selak penulis. Namun jangan khawatir sekarang ini banyak sekali situs yang menyediakan layanan untuk mensubmit tulisan maupun link web/blog atau melakukan bookmark web/blog Anda ke banyak situs jejaraing sosial secara gratis salah satunya adalah socialmarker.com dan onlywire.com. Dan bahkan banyak juga software yang dibuat untuk melakukan otomatisasi bookmark web/blog Anda ke banyak situs jejaring sosial secara cepat dan mudah, namun sayangnya jarang ada yang gratis. Sampai saat ini saya belum mendapat aplikasi atau software gratis untuk hal ini.

sumber artikel : http://sikujang.blogspot.com/2010/11/tips-meningkatkan-traffic-melalui.html