AWAS, MENDENGKUR PICU KEMATIAN


Mendengkur atau ngorok bagi sebagian besar orang adalah hal biasa. Ternyata, kebiasaan sepele itu dapat menimbulkn masalah kesehatan berujung kematian.

Banyak orang tidak menyadari bahwa mendengkur bukan hanya masalah sosial tetapi bisa menjadi masalah kesehatan serius.

Selain bunyi dengkuran keras yang sangat mengganggu teman tidur, pendengkur berat biasanya mengalami gangguan sumbatan pernafasan saat tidur (obstructive sleep apnea/OSA) sehingga terjadi hentian nafas yang dapat terjadi sampai beberapa satus kali  dalam semalam. jika terjadi setiap hari, hal ini dapat menyebabkan berbagai macam penyakit antara lain kelainan sistem pembuluh darah jantung seperti tekanan darah tinggi, aritmia jantung, infark otot jantung, kegagalan jantung, transient ischenic attack dan stroke.

Berikut Tips sehat kurangi kebiasaan mendengkur.

  • Turunkan berat badan, jika anda kelebihan berat bada, menurunkan sedikit bisa mengurangi dengkuran dengan melebarkan ruang dalam saluran pernafasan anda.
  • Tidur pada jam yang sama setiap malam dan usahakan tidur lebih lama.
  • Tidur menghadap satu sisi tubuh, bukan terlentang dengan punggung dibawah.
  • Hindari alkohol dan obat penenang sebelum tidur. Alkohol dan obat penenang bisa merilekskan otot-otot tenggorokan sehingga bisa mempersempit saluran pernafasan.
  • Berhentilah merokok, merokok dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan tenggorokan.
  • Naikan kepala tempat tidur anda hingga 4-6 inch dengan cara meletakan batu bata di bawah kaki tempat tidur.
  • Batasi masalah pernafasan, seperti hidung tersumbat karena flu atau alergi.
  • Jika hidung anda mampat, anda bisa membersihkan saluran pernafasan dengan menggunakan obat-obatan seperti decongestant dan spray. Ini bisa membuka jalan udara, memperlancar aliran udara, serta mnegurangi dengkuran. Tapi jangan lupa decongestan yang digunakan dengan cara menghirup tidak bisa digunakan untuk jangka panjang.
  • Pilihlah batal elbih keras. Bantal yang terlalu lembek akan membuat otot-otot tenggorokan terlalu relaks sehingga meyempitkan saluran pernafasan.
  • Hiruplah uap sebelum tidur atau tidurlah diruangan yang dilengkapi alat pelembab udara sehingga bisa mengurangi kemampatan dan melembabkan tengorokan.

Sumber Tabloid Mingguan DETEKSI, Edisi:106 14 Maret 2011/Tahun IV