Metode Membaca yang Baik


Untuk dapat membaca (dalam arti yang sebenarnya) secara baik dan effisien ada tiga formula yang bisa diterapkan dan dikembangkan yaitu:

SD4, SQ3R dan VIP

SD4 meliputi :

Survey : Menyelidiki dan meneliti apa yang baik dan apa yang perlu dibaca.

Decide : untuk apa membaca

To Skip : melampaui jika isinya telah diketahui atau tidak dibutuhkan.

To Skin : Mengambil isinya jika ada yang penting

To Read : Mengambil jika relevansi isinya besar dan dibutuhkan

To Study : Mempelajari jika isinya sangat penting.

SQ3R meliputi :

Survey : Penelitian dan peninjauan untuk mendapatkan gambaran isi buku (broad overview)

Cara survey ini dapat memperhatikan

1. Nama buku, Pengarang, Penerbit dan Tahun Terbit

2. Daftar Isi

3. Kata Pengantar, Pendahuluan dan sambutan untuk mengetahui tujuan sifat dan arah buku.

4. Isi Topik (Topic Sentence)

Untuk mengetahui Ide, Konsep fakta dari buku biasanya buku terdiri dari.

– Bab Awal : Penjelasan Masalah

– Bab Tengah : Uraian Masalah

– Bab Akhir : Kesimpulan Masalah

5. Ilustrasi Grafik sebagai Visualisasi atau Dramatisasi Konsep.

6. Ikhtisar untuk mengetahui hubungan setiap aspek

7. Apendiks untuk mengetahui bahan suplementerr

8. Bibliografi untuk mengetahui kepustakaan yang dijadikan sumber.

Question (Menanyakan) : Meningkatkan Motivasi berfikir dan keterlibatan pada isi buku

3 R (Read, Review dan Recite)

Read : Membaca Secara sepintas buku tersebut.

Review : Mengingat kembali isi atau ide-ide penting dalam setiap kali menyelesaikan suatu bagian penting.

Recite : Menyebut ulang apa yang telah dibaca

VIP (Visual, Improvement dan Practice)

VIP merupakan latihan memperbaiki kemampuan melihat dalam membaca.

Latihan membaca cepat ini sangat diperlukan untuk membantu cara memahami bacaan, maka bacalah buku yang diperlukan dengan membaca sambil bertanya.

Caranya bacalah satu atau beberapa Paragraf berhentilah serta bertanya kemudian carilah jawabanya sendiri.

Pemahaman atau Comprehension

1. Reseption : Kemampuan pembaca dalam memahami informasi yang bersiaft factual

2. Reflective : Kemampuan Pembaca untuk menyerap data.

Untuk membantu pemahaman perlu diperhatikan

1. Catatlah Informasi yang didapatkan dari buku tersebut

2. Formulasikan Ide Pokok dan masalah intinya.

3. Periksalah ketepatan dalam memahami permasalahan dengan melihat kembali Bab atau Bagian tersebut.

Untuk melengkapi SQ3R yaitu dengan SURE

Survey : Baca Judul, Kata Pengantar, Daftar Isi, Bab, Anak Bab serta Kesimpulan.

UnderScore : Garis bawahi bagian yang dianggap penting dan relevan.

Untuk dapat memahami Jalan Pemikiran dan Isi dari sebuah karangan perlu diperhatikan 3 Paragraf.

1. Paragraf Pendahuluan berguna untuk :

a. Membangkitkan Minat

b. Perkenalan Isi

2. Paragraf Transisi : Mengetahui dan mengikuti jalan pemikiran pengarang atau untuk mengetahui perubahan arah pemikiran.

3. Paragraf Penutup.

Read : Bacalah dengan menggunakan Foremula B-B ( Berhenti dan Bertanya). Carilah jawaban atau permasalahan yang ingin anda ketahui dari bacaan tersebut.

Empahasize : memberi tekenan setelah Ide Pokok dari buku itu telah didapat dan catatlah dalam lembaran yang telah anda sediakan untuk mempermudah mengingat kembali.

Dari berbagai sumber