Pegawai yang unggul


Prinsip untuk menjadi pegawai yang unggul menurut Booterman (2005:13-24) yaitu:

1. Semua orang bias melakukan sebuah perbedaan.

Tidak ada seorangpun yang menghalangi anda untuk memilih menjadi orang yang khusus, lain dari pada yang lain.

Tidak ada pekerjaan yang tidak penting, hanya saja orang-orang yang mengerjakannyalah yang merasa tidak penting dalam mengerjakan pekerjaan mereka.

2. Keberhasilan dibangun di atas hubungan.

Semua pekerjaa atau bisnis, jalinan hubungan yang kuat adalah tujuan yang paling pentingkarena mutu hubungan tersebut menentukan mutu produk atau jasa.

3. Ciptakan nilai bagi orang lain secara terus menerus.

Dalam melakukan sebuah pekerjaan, menguasai kecakapan bekerja adalah hal yang sangat penting,bahwa kemampuan untuk menciptakan nilai tambah bagi pelanggan tanpa harus mengeluarkan tambahan biaya untuk melakukannya.

4. Temukan kembali jati diri anda secara teratur.

Saat adan sedang mengerjakan segala hal yang mungkin bias anda kerjakan untuk menghasilkan kesempurnaan pribadi, tetapi anda masih saja kelelahan dan tidak semangat.

Ketika anda sedang berada pada posisi rendah saat komitmen professional anda sedang bergejolak dan anda hanya ingin segera menyelesaikan pekerjaan anda kemudian pekerjaan itu ditinggalkan.

Pegawai yang unggul dapat dilihat dari kerja keras, selalu terdepan, memiliki kelebihan disbanding yang lain. Tanpa pamrih, tidak pernah merasa puas atas prestasi yang diraihnya, tidak lagi berfikir apa yang saya dapat dari hasil kerja saya, tetapi apa yang dapat saya berikan terhadap instansi atau satuan kerja/masyarakat.