TATA NASKAH DINAS


Macam-macam Naskah Dinas

Tata naskah dinas adalah pengelolaan informasi tertulis yang meliputi pengaturan jenis, format, penyiapan, distribusi dan penyimpanan naskah dinas serta media yang digunakan dalam komunikasi kedinasan.

Naskah dinas adalah informasi tertulis sebagai alat komunikasi kedinasan yang dibuat atau dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dilingkungan pemerintah daerah.

Format adalah naskah dinas yang menggambarkan tata letak dan redaksional, serta penggunaan lambing/logo dan cap dinas.

Peraturan daerah adalah naskah dinas dalam bentuk dan susunan produk hokum yang bersifat pengaturan ditetapkan oleh kepala daerah setempat setelah mendapat persetujuan bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah untuk mengatur urusan otonomi daerah dan tugas pembantuan.

Peraturan Gubernur adalah naskah dinas dalam bentuk susunan produk hokum yang besifat pengaturan ditetapkan oleh gubernur.

Peraturan Bupati/Walikota adalah naskah dinas dalam bentuk susunan produk hokum yang bersifat pengaturan ditetapkan oleh bupati/walikota.

Peraturan bersama adalah naskah dinas dalam bentuk dan susunan produk hokum yang bersifat pengaturan ditetapkan oleh dua atau lebih kepala daerah.

Keputusan Gubernur adalah naskah dinas dalam bentuk dan susunan produk hokum yang bersifat penetapan, individual, konkrit dan final.

Keputusan Bupati atau Walikota adalah naskah dinas dalam bentuk dan susunan produk hokum yang bersifat penetapan, individual,  konkrit dan final.

Keputusan Kepala SKPD adalah naskah dinas dalam bentuk dan susunan produk hokum yang bersifat penetapan, individual, konkrit dan final.

Intruksi Gubernur adalah naskah dinas yang berisikan perintah dari gubernur kepada bawahan untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintahan.

Intruksi bupati/walikota adalah naskah dinas yang berisikan perintah dari bupati/walikota kepada bawahan untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintahan.

Surat edaran adalah naskah dinas yang berisi permberitahuan, penjelasan, dan/atau petunjuk cara melaksanakan hal tertentu yang dianggap  penting dan mendesak.

Surat biasa adalah naskah dinas yang berisi pemberitahuan, pertanyaan, permintaan jawaban, atau saran dan sebagainya.

Surat keterangan adalah naskah dinas yang berisi pernyataan tertulis dari pejabat sebagai tanda bukti untuk menerangkan atau menjelaskan kebenaran sesuatu hal.

Surat perintah adalah naskah dinas dari atasan yang ditujukan kepada bawahan yang berisi perintah untuk melaksanakan pekerjaan tertentu.

Surat izin adalah naskah dinas yang berisi peberitahuan persetujuan terhadap suatu permohonan yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang.

Surat perjanjian adalah naskah dinas yang berisi kesepakatan bersama antara dua belah pihak atau lebih untuk melaksanakan tindakan atau perbuatan hokum yang telah disepakati bersama.

Surat perintah tugas adalah naskah dinas dari atasan yang ditujukan kepada bawahan yang berisi perintah untuk melaksanakan pekerjaan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Surat perintah perjalanan dinas adalah naskah dinas dari pejabat yang berwenang kepada bawahan atau pejabat tertentu untuk melaksanakan perjalanan dinas.

Surat Kuasa adalah naskah dinas dari pejabat yang berwenang kepada bawahan berisi pemberian wewenang dengan atas namanya untuk melakukan sesuatu tindakan tertentu dalam rangka kedinasan.

Surat undangan adalah naskah dinas ddari pejabat yang berwenang berisi undangan kepada pejabat/pegawai yang tersebut pada alamat tujuan untuk menghadiri suatu acara kedinasan.

Surat keterangan melaksanakan tugas adalah naskah dinas dari pejabat yang berwenang yang berisi pernyataan bahwa seorang pegawai telah melaksanakan tugas.

Surat panggilan adalah naskah dinas dari pejabat yang berwenang  berisi panggilan kepada seorang pegawai untuk menghadap.

Nota dinas adalah naskah dinas yang bersifat internal berisi komunikasi kedinasan antar pejabat atau atasan kepada bawahan atau dari bawahan kepada atasan.

Nota pengajuan konsep naskah dinas adalah naskah dinas untuk menyampaikan konsep naskah dinas kepada atasan.

Lembar disposisi adalah naskah dinas dari pejabat yang berwenang berisi petunjuk tertulis kepada bawahan.

Telaah staf adalah naskah dinas dari bawahan kepada atasan antara lain berisi analisis pertimbangan, pendapat dan saran-saran secara sistematis.

Pengumuman adalah naskah dinas dari pejabat yang berwenang berisi pemberitahuan yang bersifat umum.

Laporan adalah naskah dinas dari bawahan kepada atasan yang berisi informasi dan pertanggungjawaban tentang pelaksanaan tugas kedinasan.

Rekomendasi adalah naskah dinas dari pejabat yang berwenang berisi keterangan atau catatan tentang sesuatu hal yang dapat dijadikan bahan pertimbangan kedinasan.

Surat pengantar adalah naskah dinas berisi jenis dan jumlah barang yang berfungsi sebagai tanda terima.

Telegram adalah naskah dinas dari pejabat yang berwenang berisi hal tertentu yang dikirim melalui telekomunikasi elektronik.

Lembaran daerah adalah naskah dinas untuk mengundangkan peraturan daerah.

Berita daerah adalah naskah dinas untuk mengundangkan peraturan kepala daerah.

Berita acara adalah naskah dinas yang berisi keterangan atas suatu hal yang ditandatangani oleh para pihak.

Notulen adalah naskah dinas dari pejabat yang memuat catatan proses sidang atau rapat.

Memo adalah naskah dinas dari pejabat yang berwenang berisi catatan tertentu.

Daftar hadir adalah naskah dinas dari pejabat berwenang yang berisi keterangan atas kehadiran seseorang.

Piagam adalah naskah dinas dari pejabat yang berwenang berisi penghargaan atas prestasi yang telah dicapai atau keteladanan yang telah diwujudkan.

Surat tanda tamat pendidikan dan pelatihan disingkat STTPP adalah naskah dinas yang merupakan tanda bukti seseorang telah lulus pendidikan dan pelatihan tertentu.

Sertifikat adalah naskah dinas yang merupakan tanda bukti seseorang telah mengikuti kegiatan tertentu.